jaringan perusahaan

jaringan perusahaan

 

(Contoh jaringan dalam suatu perusahaan)

Keterangan :

  1. 4 unit PC
  2. 1 server yang berfungsi sebagai : Gateway, File dan Mail server, Firewall
  3. 2 line telepon
  4. 1 line fax
  5. 2 modem DSL
  6. 1 switch 1000Mbps 8 port
  7. 1 load balancer

Menggunakan topologi : tree

Pembahasan :

Gateway

Sebuah komputer yang melayani konversi protokol antara beberapa tipe yang berbeda dari suatu network atau program aplikasi. Sebagai contoh, sebuah gateway dapat meng-convert sebuah paket TCP/IP menjadi paket NetWare IPX atau dari Apple Talk menjadi DECnet, dan lain-lain.

File server

software dalam suatu jaringan yang memungkinkan penggunaan file-file yang disimpan dalam server oleh system jaringan lain.

Mail server

server yang mengirimkan email ke tujuan dan menyimpan email-email yang masuk. Komunikasi yang digunakan oleh mail client untuk mengirimkan email melalui mail server adalah SMTP (Simple Mail Transfer Protocol).

Sedangkan komunikasi yang digunakan oleh mail client untuk mengambil email-email yang masuk dan tersimpan di mail server adalah POP (Post Office Protocol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol).

Modem

sebuah perangkat yang menerjemahkan informasi digital ke sinyal analog dan sebaliknya.

Load balancer

Waktu yang dibutuhkan untuk mengambil/membuka halaman Web pada komputer.

Jaringan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Lines)

Pengiriman data digital tingkat tinggi di atas jalur line telepon. ADSL merupakan teknologi modulasi yang dikembangkan dengan Discrete Multitone (DMT) yang memungkinkan transmisi data berkecepatan tinggi.Fasilitas ADSL secara simultan menggunakan layanan telepon biasa, ISDN, dan transmisi data berkecepatan tinggi, seperti halnya video.

ADSL berbasis DMT nampak sebagai transisi dari kawat tembaga ke kabel fiber masa depan. Hal ini yang menjadikan ADSL lebih ekonomis digunakan untuk kebutuhan telepon lokal perusahaan karena perangkat ADSL mempu menyediakan layanan data berkecepatan tinggi sebelum menggunakan teknologi fiber optics.