FTP SERVER

Ini dia artikel penting untuk para webdesigner Newbie yang masih bingung bagaimana caranya meng-upload (mengirim file ke server) ataupun men-download (mengambil data dari server), namun tentu saja catatannya anda harus terlebih dahulu memiliki 2 komponen penting website yaitu nama website (domain) seperti yang saya punya newbiestudio.com, designerlistic.net, jarumsuntik.com, mayasariplaza.com dan yang kedua tentu saja jasa penyewaan server (Web hosting) milik anda sendiri yaitu tempat atau folder atau space hardisk yang anda sewa di perusahaan penyewaan server untuk menyimpan semua file-file kode program web (*.htm, *.html, *.php, *.js, *.swf, *.config, dll), gambar (*.jpg, *.png, *.gif, *.bmp, dll) ataupun file-file penting lainnya yang berhubungan dengan website yang anda miliki (*.pdf, *.cdr, *.psd, *.ttf, *.doc, *.xls, dll).

Maaf jika agak membingungkan intinya! seorang web designer harus memiliki program aplikasi untuk meyimpan master file web site (Upload) untuk di update dan di-onlinekan ataupun mengambil/membackup data (Download) secara real-time (seketika itu juga) melalui Internet dari computer/ laptop/ note book/ PDA/ Smartphone dirumah atau kantor anda ke Computer Server di tempat yang berbeda entah itu di Indonesia ataupun luar negeri (tergantung perusahaan web hoster yang anda kontrak).

Gb.1

Catatan : untuk memudahkan dalam menggambarkan seperti apakah computer server itu anda bayangkan saja sebuah Windows Explorer dengan banyak folder (domain) dengan kapasitas penyimpanannya masing-masing, misalkan newbiestudio.com (max. 100Mb), designerlistic.net (max. 275Mb), jarumsuntik.com (max. 1Gb), mayasariplaza.com (max. 100Gb) dan tentu saja untuk masuk dan melihat isi folder tersebut tidak sembarang orang dapat melakukannya, anda harus mempunyai hak akses Administrator berupa Username dan Password sehingga folder yang anda miliki tidak akan di-hack (dibobol) oleh oranglain .

File Transfer Protokol (FTP)

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol (program universal) yang berfungsi untuk memfasilitasi proses tukar-menukar file dalam suatu network (jaringan komputer) yang mensupport TCP/IP protokol. Dua hal penting yang ada dalam program aplikasi FTP adalah FTP server dan FTP Client. FTP server diinstall pada computer server dan bertugas untuk menyediakan layanan tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request (permintaan) dari FTP client. FTP client adalah program yang diinstal pada komputer milik kita yang merequest (meminta) koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar menukar file (mengupload atau mendownload file).

jadi dengan FTP lah 2 buah computer yaitu server dan client akan saling berinteraksi dengan bebas dan leluasanya, hal ini dimungkinkan karena kita menggunakan Username dan master Password sebagai kunci dengan hak akses penuh.

Catatan : Username dan Password hak akses server domain kita akan diberikan oleh Web Hoster ketika kita melakukan registrasi atau kontrak sewa space hardisk dan layanan server tersebut.

Mendownload FileZilla FTP Client

Gb. 2

Ya!! inilah satu dari ratusan program FTP untuk Client favorit yang sangat saya rekomendasikan untuk anda, selain karena software ini bersifat FREE alias GRATIS penggunaannya pun relative mudah bagi para pemula (beginer) sekalipun, berikut adalah beberapa keunggulan dari FTP FileZilla Client ini:

  • # Mendukung banyak bahasa termasuk Indonesia jadi tentu saja konsep NewbieStudio.Com sedikit-banyaknya terwakili (hehe
  • # Dibawah lisensi GNU anda dapat mendownload secara gratis (Free) plus Master Source Code Program yang dapat anda download juga secara bebas, si Tim Kosse ini hebat bukan! anda sudah diberi programnya master code nya pula…

Gb. 3


Tips : Anda dapat mendownload FileZilla versi terakhir dengan link berikut .

Jika anda masih bingung kenapa kita menggunakan FTP Client bukan FTP Server, hal ini dikarenakan Computer Server sudah pasti menginstall FTP Server-nya sendiri dan kita adalah seorang user atau client yang akan “berkomunikasi” dengannya jadi yang kita gunakan sudah tentu adalah FTP Client.

Tutorial Menggunakan FileZilla FTP Client

Gb. 4

Bagaimana? anda pasti telah selesai mendownload software dari FileZilla dengan versi terbaru bukan. Jika sudah anda dapat langsung meng-install nya dengan mudah.

Baik pada gambar disamping anda dapat melihat tampilan program dari FTP Client yang telah anda install. Secara garis besar terdapat beberapa menu sederhana yang dapat anda gunakan selama “Berkomunikasi” dengan computer server anda.

Gb. 5

1. Bagian pertama adalah kolom koneksi dan hak akses yaitu terdiri dari Mesin (nama website anda) dan Nama Pengguna (username), ingat! nama pengguna biasanya sudah baku dan diberikan langsung oleh Web Hoster, biasanya terdiri dari kombinasi angka dan huruf, jadi ingatlah selalu username anda tersebut.

Gb. 6

2. Bagian kedua adalah Kata Kunci (Password) yang anda miliki, berbeda halnya dengan Nama Pengguna (username) password ini dapat anda ganti-ganti sesuai keinginan anda, namun tentu saja bukan pada FTP FileZilla pengaturan itu dilakukan tapi langsung pada website Web Hosting (atau pada control panel website anda di CPANEL, XPANEL, SPANEL, dll) anda.

Selanjutnya mungkin anda bertanya-tanya kenapa pada pengaturan Port diisi “21“, hal ini dikarenakan didalam proses pertukaran data antara client-server digunakan sebuah jalur (port) dengan type 21 untuk standar File Transfer Protocol (FTP) dan port 22 untuk Secure File Transfer Protocol atau jalur dengan keamanan tinggi, namun untuk jalur 22 anda harus memastikan kepada webhoster anda apakah account anda mendukung atau tidak.

catatan : jika anda menggunakan port 21 standar (yang biasa saya gunakan ) maka alamat ftp anda adalah ftp://newbiestudio.com namun jika anda memilih jalur 22 makan secara otomatis FileZilla akan menghubungkan client dengan server dengan alamat sftp://newbiestudio.com.

Gb. 7

3. Situs Lokal (local site) adalah Windows Explorer atau directory folder-folder yang ada di computer anda sendiri, jadi pada bagian sebelah kiri tengah pada FileZilla ini adalah bagian dimana anda akan memilih file atau folder mana yang akan anda Upload atau kirim ke folder-folder tertentu di server, caranya yaitu dengan Click (jika satu) / Shift+ Click (jika banyak dan berurut) / Ctrl + Click (jika banyak dan acak) / Blok pada file yang akan diupload kemudian seperti pada gambar diatas anda langsung Click Kanan pada file/folder yang terseleksi dan Click Upload untuk mengeksekusi agar segera dikirim ke server.

Catatan : bagi anda yang terbiasa menggunakan Windos Explorer pasti akan tidak merasa sulit untuk menggunakan program ini karena proses yang kita lakukan diatas mirip sekali seperti di Windows Explorer.

Gb.8


4. Situs Remote (Remote Site atau Remote Server) adalah bagaian yang sama seperti Situs Lokal namun hal ini menjadi kebalikannya, kenapa? karena pada bagian ini semua isi folder anda diserver akan tampil dan dapat anda kelola dengan mudahnya, dan yang terpenting fasilitas ini dapat anda maksimalkan untuk mendownload /mengambil file-file diserver ke computer anda. Bagaimana? sangat berguna bukan… karena dengan kemampuan download ini anda dapat membackup Program Web Site anda setiap saat anda inginkan.

Tips : Anda lihat pilihan pada menu Click Kanan tersebut, dengan hal itu andapun dapat mengganti nama file-file atau folder-folder di server dengan cara Click Kanan > Ganti Nama (Rename), Melihat dan mengedit kode-kode program, membuat folder / direktori baru di server, menghapus file / folder, mengganti atribut atau hak akses file atau folder tersebut misalnya read only, full control, baik untuk user, seluruh dunia ataupun anda sebagai Admin.

Kesimpulan

Dengan program FTP Client anda dapat mendownload dan mengupload file-file update website anda dari computer pribadi anda ke komputer server tempat anda berlangganan Web Hosting.

Program FTP FileZilla Client adalah program dengan lisensi GNU atau OpenSource sehingga selain anda dapat mendownload program tersebut dengan Free atau Gratis anda juga dapat mendownload Master Source Code nya sehingga anda bisa memodifikasi FTP FileZilla tersebut sesuai keinginan anda, namun tentu saja anda harus benar-benar ahli dalam dunia Programing

Sumber : http://newbiestudio.com/apakah-itu-ftp-server-dan-ftp-client-untuk-web-designer-newbie/

Video Server


Vgb.9ideo server berbasis perangkat komputer yang disebut host yang didedikasikan untuk pengiriman video. Tidak seperti PC atau Mac yang multi aplikasi, video server dirancang untuk satu tujuan, yaitu provisioning video yang digunakan oleh broadcaster. Video Server kelas professional merekam, menyimpan dan memutar kembali beberapa video streaming tanpa mengalami penurunan kualitas pada sinyal videonya. Broadcast video server yang berkualitas menyimpan ratusan jam kompresi video (dalam berbagai codec) dan melakukan beberapa streaming video yang disinkronisasikan secara serempak dan menawarkan kualitas antarmuka seperti SDI untuk Video digital dan balanced analog XLR untuk audio atau AES/EBU digital audio dan juga time code.

Mereka memperbolehkan untuk merekam secara native untuk codec yang sama yang digunakan dalam software editing untuk mencegah waktu yang terbuang selama transcoding.


Broadcast otomatisasi

gb.10

Dalam industri TV broadcast, server yang digunakan menyimpan kualitas gambar siaran dan memungkinkan pengguna untuk mengedit beberapa cerita dengan menggunakan gambar mereka secara bersamaan.

Video server dapat digunakan dalam beberapa konteks, diantaranya

  • Berita : menyediakan berita klip video pendek sebagai bagian dari sebuah situs berita (seperti CNN)

  • Operasi : meningkatkan aktivitas hidup dengan instant replays dan memperlambat gerakan (slow motion) dan highlight (produksi olahraga)

  • Instruksi : menyampaikan materi saja dalam format video

  • Akses public : Kota khusus yang memberikan informasi kepada penduduk melalui sistem kabel

  • Hiburan : memberikan film trailers musik atau video

Fitur

Biasanya, video server dapat melakukan hal berikut ini :

  • Injest dari sumber yang berbeda, video kamera (beberapa angle), Satelit Data Feed, disk drive dan video server. Dapat dilakukan di beberapa codec.

  • Penyimpanan sementara atau selamanya video feed.

  • Mempertahankan struktur yang jelas dari semua media yang tersimpan dengan appropriate metadata agar cepat mencari : nama, remark, nilai, tanggal, time code dll

  • Video editing dari berbagai klip

  • Transfer klip video ke server lainnya atau langsung ke playout ( melalui IP interface atau SDI)

  • Umumnya, mereka memiliki beberapa saluran dua arah (merekam dan injest) untuk audio dan video. Sinkronisasi yang sempurna diperlukan untuk mengatur saluran feed.


Video Surveilance

Dalam konteks pengawasan, IP server mengkonversi video analog menjadi sinyal video IP video stream. IP server video streaming dapat mendigitized video melalui jaringan IP dengan cara yang sama dengan kamera IP. Karena IP video server menggunakan protocol IP, dapat melakukan streaming video melalui jaringan IP yang dapat digunakan, termasuk melalui modem untuk akses melalui telepon atau sambungan ISDN. Dengan menggunakan server video analog yang terpasang ke kamera, video dengan sistem surveillance dapat dikonversi ke dalam jarinan baru dengan sistem IP surveillances baru.
Video server dasarnya adalah transmisi/telemetri/pemantauan perangkat. Melihat isi video server dilakukan dengan menggunakan browser web atau dalam beberapa kasus disediakan perangkat lunaknya.

Sumber : http://teknikpenyiaran.blogspot.com/2009/05/video-server.html

FAX SERVER

Jaman dulu (dan sampai sekarang sih), menggunakan mesin fax membutuhkan kerja ekstra. Ketika kita ingin mengirim Fax, kita harus mendatangi mesin fax, memasukkan materi yang di-fax lalu melakukan panggilan ke nomor fax tujuan secara manual. Sungguh merepotkan dan tidak efisien.

Kalau Anda sudah tidak nyaman dengan cara kuno seperti itu, coba Joy Fax Server. Joy Fax Server merupakan aplikasi pengirim dan penerima fax berbasis jaringan. Dengan modal server dan software Joy Fax yang terhubung ke fax modem, Anda bisa menerima fax dan secara otomatis mendistribusikannya ke alamat e-mail. Jadi, Anda bisa lebih menghemat kertas, karena tidak semua fax akan tercetak. Hanya Fax penting yang Anda pilih saja yang tercetak di printer.

Joy Fax dapat bekerja dengan 16 modem fax sekaligus secara simultan. Tiap fax yang diterima dapat dilihat siapa saja yang telah membaca dan siapa yang belum membuka kiriman fax. Dalam hal pengiriman fax, dokumen yang di fax tidak melulu harus diketik dari awal di form pengiriman fax pada aplikasi client, namun bisa juga dengan melakukan scanning dokumen fisik dan pengiriman dokumen PDF langsung dari Joy Fax Client tanpa melalui Adobe Reader.

Salah satu kelebihan Joy Fax, Anda bisa mengirim Fax Broadcast secara mudah dan cepat. Hanya dengan memasukkan nomor-nomor tujuan dan satu kali klik Send, fax akan tersebar ke banyak nomor sekaligus.

Untuk keperluan sekuriti, Anda dapat mengeset password untuk dokumen fax. Anda juga bisa mengatur hak akses pengiriman, penerimaan, SLJJ untuk pengguna sehingga tingkat keamanan fax lebih terjamin. (Steven Andy Pascal – Kontributor)

Plus

– Fitur pengiriman fax ke e-mail

– Fasilitas tracking pengguna yang membaca fax

– Fax broadcast

– Sekuriti dengan batasan hak akses dan password

Minus

– Fax to e-mail berlaku broadcast ke semua member, tidak bisa ke pengguna spesifik.

– Pengiriman fax langsung dari Word atau Excel belum dimungkinkan.

Joy Fax Server versi 3.51

Ukuran File 6,77 MB
Situs download http://www.joyfax.com/download.html
Jenis Trial
Publisher Joyhong Software
Sistem operasi Windows 2003, Windows Vista, Windows Server 2008, Windows 7, Windows XP, Windows 2000

Sumber

http://www.infokomputer.com/index.php/news/read/3827/JoyFaxServer3.50